Menteri Teten Bakal Gandeng Perusahaan Digital Salurkan KUR


PT Bestprofit Futures - Jakarta - Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKM) kerap kesulitan memperoleh akses pembiayaan baik perbankan maupun non-bank.Oleh karena itu dukungan pembiayan dan investasi menjadi salah satu program utama Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) di bawah kepemimpinan Menteri Teten Masduki.
"Dukungan pembiayaan dan investasi kepada UMKM harus ditingkatkan. Catatan BI dan OJK mengenai penyerapan kredit perbankan untuk UMKM mereka melihat masih kurang," kata dia, di kantornya, Jakarta, Selasa (5/11/2019).
Oleh karena itu, menurutnya perlu ada inovasi baru dalam pemberian pembiayaan untuk UMKM. Mengingat saat ini perbankan juga seoalah kesulitan menyalurkan pembiayaan kredit maupun non kredit kepada para pelaku UMKM tersebut.
"Selama ini bank kan menyalurkan kepada pelaku usaha secara satu per satu. Ini mungkin sedikit menyulitkan. Terlebih kadang perbankan tidak mengetahu bagaimana rekam jejak pelaku UMKM yang mengajukan pinjaman," ujarnya.
Dia mengungkapkan salah satu cara baru mendorong kemudahan pembiayaan UMKM adalah menggandeng perusahaan-perusahaan digital untuk turut menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).
"Memang betul untuk memperbesar UMKM kita akan bekerja sama dengan aplikasi melalui Go Online. Kita sudah bertemu dengan Gojek, Tokopedia dan Buka Lapak. Tapi tidak menutup kemungkinan aplikasi luar negeri bisa menjual produk UMKM," ujarnya.

Ide Baru


PT Bestprofit Futures - Dia menilai perusahaan-perusahaan digital tersebut sering melahirkan ide-ide baru. Terlebih saat ini mereka telah bermitra dengan banyak UMKM Tanah Air. Sehingga mereka dapat mendata serta mengidentifikasi UMKM yang layak mendapat akses pembiayaan modal dengan mudah.
"Kemarin kami sudah undang Gojek. Mereka punya banyak mitra UMKM terutama di sektor kuliner. Nanti kita bisa gelontorkan pembiayaan ke situ saja dan Gojek yang salurkan ke UMKM jadi tidak individual," tutupnya.

Komentar

Postingan Populer