Dubes Qatar Bongkar Alasan Negaranya Tolak Embargo Timur Tengah


Duta Besar Qatar untuk Indonesia Ahmed bin Jassim Alhamar menyinggung soal kebijakan negara Timur Tengah terkait embargo dan blokade terhadap negaranya.

Menurutnya, kebijakan tersebut tidak adil. Oleh sebab itu, ia meminta agar masalah embargo terhadap Qatar bisa ditangani oleh komunitas internasional.

"Saya ingin mengingatkan Anda semua, blokade tidak adil terhadap Qatar oleh sejumlah negara tetangga kami dan kami meminta komunitas internasional untuk ikut bertanggungjawab untuk mengakhiri situasi ini," ucap Ahmed dalam acara Mandela International Day di Menara Thamrin, Selasa (18/7/2017).
Dia menjelaskan ada beberapa faktor kenapa kebijakan negara Timur Tengah dianggap tak adil oleh Qatar.

"(Kebijakan tersebut) sangat bertentangan dengan prinsip dasar hukum internasional yaitu menghormati kedaulatan suatu negara, prinsip tidak intervensi masalah dalam negeri negara lain dan bertetangga dengan baik," papar dia.

Setiap masalah yang ada, ditegaskan Dubes Qatar semestinya diselesaikan dengan negosiasi dan dialog serta diplomasi. Bukan melakukan blokade atau embargo.

"Saya tekankan dalam kesempatan ini, kami tidak akan pernah luput dari usaha untuk mencapai dan memelihara perdamaian dunia," kata dia.

"Usaha tersebut pastinya harus dilakukan lewat dialog, hidup berdampingan secara damai dan menghormati HAM," jelasnya.



Komentar

Postingan Populer